Mengenal Saham Blue Chip Lebih Dekat

By Sahabatberfikir

Mengenal Saham Blue Chip – Pada masa kini kebanyakan orang, ingin menginvestasikan uangnya dengan cara membeli saham. Karena apabila mereka menginvestasikan uangnya ke saham akan mendapatkan keuntungan.

Hal ini dapat di lihat dari seseorang yang menanam saham pada perusahaan besar ataupun istilahnya, perusahaan yang masuk dalam daftar saham Blue Chip. Hanya beberapa perusahaan saja yang masuk ke dalam daftar saham Blue Chip.

Perusahaan yang bisa di bilang Blue Chip, memiliki kinerja dan fundalmental yang baik. Serta produk-produk yang dapat di tawarkan kepada konsumennya, pastinya tidak asing di telinga kita.

Jadi dapat membuat perusahaan tersebut banyak di incar oleh investor yang ingin menanam saham di perusahaan tersebut. Oleh sebab itu pada artikel kali ini Sahabat Berfikir kita akan mengenal saham Blue Chip.

Pengertian Saham Blue Chip

Saham Blue Chip adalah saham yang memiliki kinerja dan fundalmental yang baik, serta kualitasnya sudah terjamin. Hal ini karena saham Blue Chip biasanya perusahaan pemmpin pasar atau sudah cukup memiliki kemampuan untuk menjalankan usahanya.

Oleh sebab itu menjadikan saham Blue Chip, menjadi populer di kalangan investor. Hal ini biasanya perusahaan tersebut memiliki riwayat perusahaan dan kinerja perusahaan yang baik.

Namun juga kemungkinan perusahaan yang masuk kedalam daftar saham Blue Chip, dapat memberikan laba cukup besar. Selain itu juga, kemampuannya sudah teruji untuk menghadapi dinamika pasar.

Harga saham Blue Chip, juga terbilang stabil dan tidak mudah anjlok. Hal ini sangat cocok bagi seseorang yang ingin menginvestasikan uangnya untuk jangka panjang. Oleh sebab itu hanya perusahaan-perusahaan yang ternama saja yang bisa di sebut sebagai saham Blue Chip.

Karakteristik Saham Blue Chip

Jika kalian ingin mengetahui lebih dekat mengenai saham Blue Chip. Kamu harus memahami karakteristiknya terlebih dahulu. Karena memudahkan kamu untuk mencari perusahaan-perusahaan yang bisa di katakan saham Blue Chip.

1. Memiliki Kapitalisasi Besar

Perusahaan besar yang masuk kedalam daftar saham Blue Chip biasanya memiliki laba yang stabil. Hal ini dapat di lihat dengan adanya modal dan asset, serta juga memiliki kapitalisasi pasar ataupun harga perusahaan yang dapat di jual secara utuh.

Kamu bisa mengetahui perusahaan yang memiliki kapitalisasi besar, dengan cara mengalikan harga saham dengan jumlah lembaran saham yang beredar di pasar bursa efek. Jika perusahaan tersebut memiliki kapitalisasinya mencapai Rp. 10 Triliun ke atas, bisa disebut memiliki kapitalisasi besar.

Akan tetapi jika kapitalisasnya berada di Rp. 500 Miliar hingga Rp. 10 Triliun. Maka saham tersebut bisa di kategorikan, kedalam saham lapis dua, dan juga untuk kapitalisasi di bawah Rp. 500 miliar akan disebut kategori tiga.

2. Perusahaan Lama Eksis di Bursa Efek

Jika kalian mengira lamanya suatu perusahaan di bursa efek, bisa menjadikan perusahaan tersebut menjadi Blue Chip. Kamu akan salah bersar, sebab perusahaan lama yang bisa masuk kedalam daftar bursa efek.

Baca Juga : 7 Daftar Saham Jangka Panjang (Blue Chips)

Merupakan perusahaan yang memiliki peningkatan dan perkembangan setia tahunnya. Oleh sebab itu saham tersebut bisa di bilang saham Blue Chip. Contoh, perusahaan yang telah lama eksis di bursa efek ialah BBCA, INDF dan TLKM.

3. Ramai di Perdagangkan

Jika ramai di perdagangkan bisa juga disebut dengan “Likuid”. Membuat banyak investor perorang ataupun perusahaan lain yang memperjualbelikan saham ini. Hal ini membuat saham tersebut masuk ke dalam daftar Blue Chip, karena saham tersebut teraktif di bursa efek.

Apabila kamu pernah mendengarkan istilah dari LQ45. Istilah inilah yang disebut dengan indeks saham liquid dan rata-rata ada saham yang termasuk kedalam daftar blue chip yang masuk ke dalam indeks tersebut.

4. Saham Perusahaan Market Leader

Jika kalian ingin mengetahui bahwa perusahaan besar, yang bisa dikatakan sahamnya masuk kedalam daftar Blue Chip. Maka perusahaan tersebut jadi market leader di sektornya, yang mana produk-produk perusahaan tersebut sering digunakan oleh masyarakat.

Contohnya seperti perusahaan PT. Indofod Sukses Makmur Tbk (INDF) dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. (PGAS). Perusahaan tersebut memiliki produk yang kerap digunakan masyarakat.

Keuntungan Membeli Saham Blue Chip

Pada dasarnya semua investor mempunyai keinginan mendapatkan keuntungan yang tinggi dan memiliki resiko yang rendah. Hal ini menjadikan saham Blue Chip, banyak diminati oleh Investor.

Saham Blue Chip mampu untuk menghadapi dinamika pasar dan biasanya perusahaan ini juga dapat menimalisasi resiko seperti harga yang kemungkinan terjun bebas ataupun pailit. Akan tetapi saham Blue Chip, sangat cocok untuk kamu yang ingin investasi dalam waktu jangka panjang.

Tetapi harga saham Blue Chip biasanya, cenderung mahal dibandingkan harga saham biasa. Hal ini dapat menyebabkan keuntungan saham Blue Chip, dapat di lihat dalam jangka waktu panjang, namun kamu juga dapat keuntungan yang tinggi.

Selain itu juga investor akan mendapat keuntungan lainnya, seperti perusahaan tersebut memberikan dividen secara rutin dan pasti. Jika investor tersebut juga bertahan dalam kondisi saham yang bertahan dalam kondisi, baik ataupun buruk. Maka saham Blue Chip, akan memberikan keuntungan signifikan untuk kamu.

Cara Membeli Saham Blue Chip

Jika kalian telah memahami karakteristik dan Keuntungan saham blue chip. Kamu bisa menginvestasikan uang kamu dengan cara membeli saham Blue Chip. Walaupun kamu harus mengeluarkan modal yang lebih besar, akan tetapi keuntungan yang nanti di dapat akan tinggi.

Kamu dapat menghemat biaya, ketika ingin membeli saham Blue Chip. Hal yang perlu kamu lakukkan menunggu lembaran saham blue chip turun atau dibawah harga standarnya. Kemudian kamu menjualnya ketika harga jual pelembarnya saham blue chip mengalami kenaikan, dari harga lembar yang kamu beli.

Contohnya pada awal masa pandemi, harga saham Blue Chip mengalami penurunan. Membuat investor pada membelinya sebanyak mungkin, karena akan menguntungkan dimasa mendatang. Hal ini bisa dilihat dari performa dan fundalmental perusahaan yang baik.

Akhir Kata

Semoga kamu dapat mengenal saham blue chip dengan baik, sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan ketika membeli saha Blue Chip. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kamu dan terimakasih telah berkunjung ke Sahabat Berfikir.

Tinggalkan komentar