Cara Membuka Usaha Laundry Rumahan

By Sahabatberfikir

Membuka Usaha Laundry Rumahan – Pada masa kini banyak sekali orang-orang sibuk dalam pekerjaan. Pekerjaan yang padat membuat seseorang tidak mempunyai waktu untuk mencuci baju.

Karena hal mencuci baju merupakan salah satu yang sangat melelahkan, sebab seseorang harus mencuci dan menunggunya hingga kering. Apa lagi pakaian yang digunakan untuk bekerja, sangat kotor yang membuat seseorang tersebut malas untuk mencucinya.

Membuat hal ini menjadi salah satu faktor banyak seseorang lebih memilih laundry, ketimbang mencuci bajunya sendiri. Sebab seseorang tersebut tidak memiliki waktu yang cukup luang untuk mencuci bajunya.

Hal ini juga merupakan peluang bisnis yang dapat kamu manfaatkan. Untuk membuka usaha laundry rumahan. Disebabkan Banyak juga orang-orang membutuhkan jasa laundry untuk mencucikan baju kotornya. Maka pada artikel kali ini sahabat berfikir akan memberi cara membuka usaha laundry.

Tips Membuka Usaha Laundry Rumahan

Apabila kamu ingin membuka usaha laundry, kamu harus memiliki pemikiran yang sangat matang. Untuk meminimalisir tahap-tahap apa saja yang harus dilakukkan. Sebelum memulai usaha laundry.

Sebab banyak sekali orang-orang juga membuka bisnis laundry, yang membuat kita harus membuat strategi pasar. Agar usaha laundry kamu, mendapatkan banyak pelanggan.

1. Mencari Lokasi yang Tepat

TIps Pertama, ialah dengan cara mencari lokasi yang tepat untuk membuka usaha laundry. Karena hal ini merupakan langkah awal yang sangat wajib kamu coba. Sebab lokasi laundry kamu akan sangat mempengaruhi perkembangan usaha kamu.

Maka kamu harus mencari lokasi yang berdekatan dengan perkantoran, kampus, lokasi yang ramai penduduknya dan mudah untuk dijangkau.

2. Menentukan Harga Laundry

Tip Kedua, ialah dengan cara menentukan harga. Hal ini juga dapat sangat mempengaruhi usaha laundry kamu, terlebih lagi lokasinya berdekatan dengan kompititor kamu.

Menjadikan hal ini harus diperhitungkan dengan baik-baik. Karena kamu harus menentukan harga yang dapat dijangkau dan tidak terlalu jauh dari pasarannya. Kamu juga tidak boleh menentukan harga di bawah harga pasar.

Baca Juga : 7 Daftar Saham Jangka Panjang Terbaik

Sebab kamu juga harus memutarkan modal dan mengembangkan bisnis laundry kamu. Sehingga dalam menentukan harga laundry, kamu harus melakukan survei terlebih dahulu di lokasi kamu membuka usaha laundry.

3. Meningkatkan Layanan

Tips Ketiga, ialah dengan cara meningkatkan pelayanan. Setiap pelanggan laundry pastinya ingin sekali diberikan pelayanan memuaskan. Hal ini membuat pelanggan akan kembali lagi dan tidak akan beralih ketempat lain.

Hal ini dapat menjaga pelanggan, agar tetap menggunakan jasa laundry kamu. Pelanggan kamu juga akan membawakan calon pelanggan untuk kamu. Apabila pelanggan tersebut merasa puas dengan pelayanan laundry kamu.

4. Perhatikan Waktu

Tips Keempat, ialah perhatikan waktu. Sebab orang yang menggunakan jasa laundry, merupakan orang yang tidak memiliki waktu luang.

Karena itu dia membutuhkan jasa laundry untuk membersihkan pakaiannya. Hal ini yang harus diperhatikan. Agar pelanggan kamu tidak menunggu proses laundryannya kelamaan. Jangan lupa juga memperhatikan kebersihan dan wangi pakaian konsumen.

5. Memberika Variasi Layanan Laundry

Tips Kelima, ialah dengan cara membuat variasi layanan laundry. Seperti yang kita tau, layanan laundry kebanyakan menawarkan jasa mencuci pakaian, jas dan lain sebagainya.

Akan tetapi jika kamu ingin mengembangkan bisnis kamu tidak hanya mencuci pakaian. Kamu bisa membuka juga menawarkan jasa laundry karpet, sepatu, gorden dan lain-lainnya. Hal ini bisa menjadikan peluang usaha laundry kamu.

Karena belum tentu kompititor kamu menawarkan jasa laundry selain mencuci pakaian, jas dan lain sebagainya. Sehingga ini bisa menjadi salah satu peluang usaha laundry kamu untuk berkembang pesat.

6. Menjaga Laundryan Pelanggan

Tips Keenam, ialah menjaga laundry pelangga. Setiap tempat usaha laundry wajib menjaga laundry pelanggannya.

Hal ini wajib dilakukkan, untuk meminimalisir kesalahan dalam proses pelaundryan. Karena kamu harus menjaga landryan pelanggan, agar tetap dalam keadaan baik dan tidak tetukar oleh laundryan pelanggan lainnya.

Kamu juga harus membaca label yang tetera pada pakaian sebelum melakukkan proses pelaundryan. Hindari menggunakan sabun cuci atau pewangi pakaian, yang dapat membuat warna pakaian pelanggan luntur.

Jangan juga mencampur pakaian warna putih dengan berpakaian berwarna. Pokoknya hindari hal-hal yang dapat merusak laundryan pelanggan.

7. Meningkatkan Pemasaran Laundry

Tips Ketujuh. ialah meningkatkan pemasaran. Dalam dunia bisnis meningkatkan pemasaran merupakan hal yang sangat wajib untuk dilakukkan, Begitu juga dalam usaha laundry.

Sebab dengan meningkatkan pemasaran usaha laundry kamu, akan mendapatkan banyak pelanggan. Sehingga cara ini wajib kamu lakukkan, untuk mengembangkan usaha laundry kamu.

Kamu bisa membagikan selembaran brosur, ke kantor-kantor, kos mahasiswa/mahasiswi, hotel-hotel dan melalui jejarin media sosial. Hal ini dapat mengundang calon-calon pelanggan laundry kamu.

8. Memberi Diskon

Tips Kedelapan, ialah memberi diskon. Jika memberikan diskon kepada pelanggan laundry, maka pelanggan akan tetap menggunakan jasa laundry kamu.

Hal ini patut kalian untuk coba, agar pelanggan-pelanggan kamu tidak menggunakan jasa laundry lainnya. Misalnya kamu memberikan diskon kepada pelanggan yang melakukkan laundry 3x di tempat kamu.

Karena lebih baik mempertahankan pelanggan lama dari pada harus mencari pelanggan baru. Sebab ketika kamu mencari pelanggan baru, biasanya kamu akan mengeluarkan sejumlah uang untuk mempromosikan usaha laundry kamu.

9. Pembukuan

Tips Kesembilan, ialah pembukuan. Setiap usaha diharuskan mempunyai pembukuan, agar mengetahui segala detail transaksi yang telah dilakukkan.

Hal ini biasanya banyak sekali dilupakan oleh pengusaha, yang dapat mengakibatkan kerugian. Karena segala transaksi tidak dicatat, membuat kamu tidak tau keuntungan dan kerugian usaha laundry kamu. Hal ini bisa juga menjadi bahan evaluasi usaha laundry kedepannya.

Keuntungan Membuka Usaha Laundry

Jika kalian berfikir membuka usaha laundry mempunyai keuntungan yang minim, karena banyak modal yang harus dikeluarkan setiap saat. Misalnya seperti, membeli deterjen, parfum laundry, membeli air dan lain sebagainya.

Maka kamu salah besar, karena jika kamu menjalankan usaha laundry dengan serius. Keuntungan yang kamu akan dapat akan sangat besar. Sebab usaha laundry merupakan salah satu usaha yang memiliki keuntungan sangat besar.

Baca Juga : Peralatan Laundry Kiloan Untuk Usaha Laundry

Oleh karena itu kebanyakan orang membuka usaha laundry, biarpun sekitarnya sudah banyak tersedia jasa laundry. Maka kamu tidak boleh memikirkan keuntungan terlebih dahulu sebelum kamu mencoba usaha laundry. Dibawah ini merupakan keuntungan-keuntungan usaha laundry yang tidak kamu ketahui.

1. Mudah Untuk Dijalankan

Keuntungan Pertama ialah laundry menjadi salah satu usaha yang tentunya mudah untuk dijalankan. Kegiatan utama dalam suatu usaha laundry, yaitu mencuci dan menyeterika saja. Hal ini pastinya semua orang dapat melakukkannya, terkecuali orang-orang yang tidak memiliki waktu luang.

Membuat orang-orang tersebut memilih laundry pakaiannya ketimbang mencuci sendiri. Apalagi pada masa kini banyak sekali mesin cuci, yang dapat membantu kamu dalam mencuci pakaian. Namun ada beberapa pakaian yang tidak bisa di cuci menggunakan mesin cuci.

2. Biaya Operasional Tidak Terlalu Besar

Keuntungan Kedua ialah usaha laundry tidak memerlukan biaya opersional yang tidak terlalu besar. Karena kamu bisa memulai usaha laundry di rumah dan manfaatkan mesin cuci yang ada.

Apabila kamu tidak memiliki cukup dana untuk membeli mesin cuci, usaha laundry dapat kamu lakukkan dengan cara mencuci pakaian secara tradisional. Selain itu juga kamu hanya membutuhkan deterjen dan pewangi pakaian. Pada saat melakukkan proses laundry pakaian.

Tidak hanya itu saja setiap bulannya pastinya kamu harus membayar listrik, yang kamu pikir. Ketika membuka usaha laundry rumahan, akan membayar biaya listrik yang sangat tinggi. Hal ini tidak perlu kamu khawatirkan, sebab pada masa kini banyak sekali mesin cuci maupun setrika yang memiliki fitur hemat listrik.

3. Memiliki Target Pasar Tak Terbatas

Keuntungan Ketiga ialah usaha laundry tidak memiliki target pasar yang tak terbatas. Hal ini dikarenakan, usaha laundry banyak diminati oleh kalangan Orang tua, Dewasa, dan Remaja. Tidak hanya itu saja kalangan anak sekolah saja, pada saat ini juga banyak menggunakan jasa laundry untuk mencuci perlengkapan sekolah mereka.

Terlebih jika jasa laundry kamu tidak hanya menyediakan jasa cuci pakaian saja, akan tetapi menyediakan jasa laundry bedcover, boneka, karpet, sepatu dan lain sebagainya.

Hal ini bisa menjadikan laundry dapat berkembang pesat, karena pastinya orang-orang tersebut tidak sempat atau tidak pandai dalam mencuci barang-barang tersebut. Apalagi usaha laundry kamu mempunyai harga yang standar yang bisa menjangkau semua kalangan.

Semua orang tentunya ada masanya membutuhkan jasa laundry. Terlebih jika untuk mencuci barang-barang yang besar ataupun barang yang berjumlah banyak. Contohnya adalah bedcover, boneka ataupun karpet. Kebanyakan orang lebih memilih mengeluarkan sedikit uang daripada harus bersusah payah mencuci hal-hal semacam itu.

Selain itu pun, karena harga laundry yang terjangkau pun membuatnya mampu untuk dijangkau oleh berbagai kalangan. Hal inilah yang membuat jangkauan dari usaha laundry tidak terbatas. Bahkan, anak-anak sekolah pun sekarang juga sering menggunakan jasa laundry untuk mencuci perlengkapan sekolah mereka, contohnya gorden dan taplak meja.

4. Laundry Merupakan Usaha Jangka Panjang

Keuntungan Kempat ialah laundry merupakan salah satu bisnis jangka panjang. Hal tersebut dikarenakan, setiap harinya makin banyak orang yang membutuhkan jasa ini. Apalagi lokasi usaha laundry kamu memiliki tempat, yang strategis.

Misalnya sepeti dekat tempat perkantoran, hotel, pabirik dan lain sebagainya. Hal ini akan menjadikan usaha kamu berkembang sangat cepat. Apalagi kamu memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggan kamu. Maka akan semakin banyak mendapatkan pelanggan.

5. Cocok Untuk Usaha Sampingan

Keuntungan Kelima ialah laundry bisa menjadi usaha sampingan. Hal ini karena usaha laundry dapat menjadi, usaha sampingan. Bagi orang-orang yang ingin memiliki usaha, untuk memenuhi kebutuhan.

Contohnya seperti ibu rumah tangga yang mengurus rumah, anak dan lain sebagainya. Akan tetapi ibu rumah tangga tersebut memiliki waktu luang. Tentunya hal ini bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha laundry.

Ada juga sesoerang yang memiliki pekerjaan tetap, akan tetapi mempunyai bisnis laundry. Sehingga mereka membayar orang untuk menjalankan proses laundrynya. Akan tetapi jika laundry bisa dibilang cuman jasa sampingan.

Namun jasa laundry ini menjanjikan keuntungan yang sangat besar. Dikarenakan bisa melebihi gaji perusahaan ataupun melebihi UMR. Sehingga tempat laundry kebanyakan dimiliki oleh orang-orang yang memiliki kerjaan tetap.

Akhir Kata

Jika kalian ingin membuka usaha laundry kamu harus memikirkan strategi terlebih dahulu. Agar usaha kamu dapat berkembang dan terarah. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kamu dan terimakasih telah berkunjung ke sahabat berfikir.

Tinggalkan komentar