Cara Memulai Usaha Minuman Boba

By Sahabatberfikir

Usaha Minuman Boba – Pada masa kini banyak sekali, seseorang membuka bisnis minuman yang mengikuti trend keknian. Sehingga usahanya cepat untuk berkembang pesat. Hal ini karena target pasarnya, yaitu anak-anak kekinian, remaja dan dewasa.

Membuat seseorang berbondong-bondong membuka usaha minuman trends kekinian. Akan tetapi biar pun orang-orang banyak berbisnis usaha kekinian yang sama. Namun mereka juga masih dapat, keuntungan yang cukup besar.

Karena setiap orang memiliki inovasi-inovasi berbeda, misalnya seperti mempunyai takarannya sendiri. Bisnis minuman yang bisa menghasilkkan banyak keuntungan pada saat ini ialah Boba.

Jika kalian ingin membuka usaha yang memiliki keuntungan yang cukup besar. Kamu bisa membuka usaha boba. Karena usaha boba tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Oleh sebab itu sahabat berfikir akan membuat artikel cara memulai usaha minuman Boba.

Modal Usaha Boba

Pada umumnya, jika kamu ingin membuka usaha boba. Kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang cukup besar. Karena bahan dasar boba sendiri ialah tepung tapioka.

Oleh sebab itu banyak orang-orang yang ingin membuka usaha ini, karena boba tidak perlu membeli dan membuatnya cukup mudah.

Namun ada beberapa modal juga yang harus di keluarkan untuk membeli peralatan usaha boba. Dibawah ini merupakan peralatan-peralatan atau persiapan yang harus disediakan untuk membuka usaha boba.

1. Bahan

Hal perlu disetiap yang pertama, yaitu bahan pembuat boba dan minumannya. Bahan-bahan untuk membuat boba antara lain, yaitu air, tepung tapioka, air, teh hitam untuk pewarnanya dan juga penambah citra rasa boba yang kuat.

Jika kamu ingin mendapatkan bahan-bahan pembuat boba dan minumannya. Kamu bisa mencarinya di online shop, seperti Shopee, Toko Pedia, Buka Lapak dan lain sebagainya. Karena di online shop biasanya harga bahan-bahan tersebut sangat terjangkau.

2. Peralatan

Jika bahan-bahan pembuatan minuman boba telah disiapkan. Selanjutnya ialah menyiapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan. Misalnya seperti gelas plastik, sedotan boba, coolbox, cup sealer, kantong plastik, dan lain sebagainya.

Membuat kamu harus, menyiapkan modal juga untuk membeli peralatan boba. Namun jika kamu memiliki barang yang ada di rumah dapat dimanfaatkan untuk berjualan boba. Silahkan menggunakan barang itu terlebih dahulu untuk meminimalisir keluarnya modal.

3. Gerobak atau Booth

Apabila ingin membuka usaha boba, modal terbesar yang harus di keluarin ialah untuk membuat atau membeli grobak/booth. Kalau bisa kamu membuat gerobak sendiri dari pada membeli.

Karena jika kamu membeli gerobak, pastinya harganya sangatlah mahal dari pada membuat sendiri atau mengupah seseorang untuk membuatnya. Biasanya orang lebih memilih membuatnya sendiri.

Hal ini disebabkan desain dari gerobak tersebut bisa kamu atur sesuai dengan keinginan ataupun kebutuhan. Misalnya kamu ingin mempunyai gerobak dengan meja berukuran besar, agar kamu mudah meletakan peralatan-peralatan untuk membuat boba.

4. Sewa Tempat

Jika kamu ingin membuka usaha boba, pastinya kamu membutuhkan tempat. Oleh sebab itu kamu harus mengeluarkan modal juga untuk menyewa tempat usaha minuman boba.

Harga menyewa tempat, biasanya tergantung pada lokasinya. Jika kamu ingin jualan boba kamu laku dan mendapatkan keuntungan yang cukup banyak. Maka kamu harus menyewa tempat yang strategis.

Akan tetapi kamu akan dikenakan biaya sewa tempat yang sangat mahal setiap bulannya. Sehingga kamu harus memilih tempat yang strategis supaya keuntungan yang di dapat dari jualan boba cukup besar.

5. Gaji Karyawan

Apabila kamu seorang pekerja, yang tidak ada waktu untuk membuka bisnis. Kamu bisa menggaji seseorang untuk menjaga tempat usaha minuman boba. Dan jika kamu pulang kerja kamu bisa gantian menjaga tempat usaha boba.

Hal ini untuk meminimalisir gaji seseorang yang menjaga tempat usaha boba kamu. Karena jika hanya memiliki satu karyawan, kamu perlu membayar 1 orang saja. Namun jika kamu membayar 2 karyawan dan membuat 2 ship.

Maka kamu harus membayar 2 karyawan tersebut. Sehingga jika kamu baru membuka usaha boba dan paginya kamu harus bekerja. Kamu bisa membayar orang untuk menjaganya sampai kamu pulang kerja.

Setelah itu kamu menggantikannya menjaga tempat usaha boba kamu. Hal hasil keuntungan yang akan di dapat cukup besar. Karena hanya membayar 1 karyawan saja dan usaha boba kamu buka dari pagi sampai malam.

Tips Memulai Usaha Minuman Boba

Pada dasarnya setiap usaha harus memiliki suatu strategi, agar usaha tersebut berjalan dengan lancar dan tidak menimbulkan kerugian. Sama seperti bisnis minuman boba, harus memiliki strategi.

Baca Juga : Cara Usaha Sembako Dengan Modal Minim

Hal ini supaya bisnis minuman boba berjalan dengan lancar dan dapat berkembang nantinya. Oleh sebab itu sahabat berfikir akan memberikan tips bagi kamu yang ingin membuka usaha minuman boba.

1. Membuat Inovasi Minuman Boba

Apabila kamu ingin berbisnis boba, sebaiknya kamu membuat inovasi minuman boba terlebih dahulu. Misalnya menambahkan toping-toping apa yang ada di dalam minuman boba tersebut.

Hal ini menjadikan usaha boba kamu, berbeda dengan kompititor. Jika inovasi yang dapat kamu hasilkan berbeda dari minuman boba-boba lainnya. Maka rasa minuman boba kamu, akan di ingat oleh pelangga.

Kamu juga dapat memberikan berbagai macam-macam rasa minuman bobanya. Misalnya seperti rasa creme, capucino, vanila, dan lain sebagainya. Membuat pelanggan bisa memilih minuman bobanya sesuai dengan keinginannya.

2. Membuat Nama dan Logo yang unik

Pastinya setiap usaha memiliki logo dan nama yang mudah untuk di ingat. Hal ini dapat mempengaruhi terkenalnya bisnis kamu.

Jika bisa logo dan namanya sudah ada di gelas boba. Hitung-hitung untuk melakukkan promosi juga. Karena pastinya setiap orang yang membeli minuman boba, akan memberitau temannya.

Bahwa dia membeli boba di tempat kamu, namun ada beberapa orang juga yang melupakan dimana dia beli, tanpa mengetahui nama bisnis bobanya.

3. Memilih Lokasi Usaha yang Strategis

Jika kamu ingin menyewa tempat, sebaiknya pilihlah tempat yang strategis misalnya sperti, dekat dengan kampus, perkantoran, sekola dan lain sebagainya. Hal ini dapat mempengaruhi perkembangan bisnis.

Akan tetapi kamu juga harus memperhitungkan biaya sewanya perbulan. Sebab jika kamu menyewanya dengan harga tinggi, maka keuntungan yang akan di dapat akan cukup kecil.

4. Lakukkan Promosi Usah Minuman Boba

Pada umumnya promosi merupakan cara yang sangat ampuh untuk mengenalkan bisnis boba kamu. Namun ada beberapa promosi yang harus mengeluarkan sejumlah uang.

Akan tetapi pada masa kini kamu bisa menggunakan media sosial sebagai alat promosi bisnis. Seperti membuat Fans Page Facebook dan Instagram dengan menggunakan nama bisnis kamu.

Sehingga pelanggan kamu mengikuti akun mediasosial bisnis boba kamu. Dan apabila ada inovasi-inovasi dari usaha kamu, pelanggan kamu dapat mengetahuinya. Jika bisa di gelas boba juga di kasih stiker nama, logo dan nama media sosial bisnis boba.

5. Bekerja sama dengan Grap, GoFood dan Shopee Food

Jika kalian membuka usaha boba, sebaiknya kamu bekerja sama dengan GoFood, Grab dan Shopee Food. Hal ini karena pada masaa kini seseorang, sering memesan makanan maupun minuman melalui layanan perusahaan tersebut.

Sehingga ini bisa meningkatkan penjualan boba kamu, dan kamu juga dapat pelanggan dari berbagai tempat di kota kamu. Apa lagi jika kamu membuka usaha minuman boba di rumah. Maka hal ini bisa membantu kamu dalam berjualan boba.

Akhir Kata

Jika kalian ingin menjual boba, sebaiknya kamu meyakinkan diri kamu terdahulu dan kemudian baru menyusun strategi bisnis. Karena dengan meyakinkan diri sendiri maka usaha minuman boba kamu, akan berkembang dari pada orang yang tidak yakin dengan usahanya sendiri. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kamu dan terimakasih telah berkunjung ke Sahabat Berfikir.

Tinggalkan komentar