Cara Bisnis Modal Kecil Yang Menguntungkan

Bisnis Modal Kecil – Pada sebagian dari kita memiliki cita-cita menjadi pengusahan yang sukses. Namun kita hanya memiliki sebagian kecil saja yang bisa di wujudkankan dalam cita-cita tersebut.

Karena kita hanya mengembangkan usaha menjadi besar tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Akan tetapi, kita bisa memulai usaha dengan modal yang minim.

Mulai dari usaha rumahan ataupun usaha dengan skala lebih besar, jika modal yang kita miliki minim tentunya akan semakin berat untuk kita jalani. Selain itu kita juga harus memiliki mental yang baja, dalam arti tidak mudah menyerah dan putus asa.

Tetapi tidak perlu khawatir karena ada tips-tips yang bisa kita terapkan untuk mewujudkan cita-cita. Oleh sebab itu Sahabat Berfikir telah membuat artikel mengnai ttips cara bisnis modal kecil yang menguntungkan.

1. Pilih Jenis Usaha

Pada tips pertama yang harus kamu lakukkan ialah menentukan usaha yang pas dan cocok dengan keahlian kamu. Oleh sebab itu sebaiknya kamu menyesuaikan usaha yang ingin kamu rintis dengan hal yang kamu senangi.

Dengan begitu, kamu tidak akan merasa berat dalam menjalani usaha tersebut. Karena tentunya semua hobi bisa menghasilkan uang.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki hobi memelihara kelinci. kamu bisa memulai bisnis dengan menernakan kelinci dan kemudian nantinya kelinci hasil ternakan kelinci tersebut di jual.

2. Memanfaatkan Peralatan yang Dimiliki

Pada tips kedua yang harus kamu lakukkan ialah memanfaatkan peralatan-peralatan yang kamu punya, untuk memulai bisnis.

Karena tidak selamanya memulai bisnis memerlukan peralatan-peralatan baru dan canggih. Akan tetapi jika kamu menggunakan peralatan yang telah kamu miliki, kamu akan meminimalisir modal yang keluar.

Sehingga jika usaha kamu sudah besar, maka peralatan yang sudah tidak memungkinkan untuk digunakan lagi. Bisa kamu menggantinya dengan peralatan yang baru dan lebih canggih.

Sebagai contoh, Kamu memiliki kamera yang type lama. Akan tetapi kamu ingin memulai usaha photographer. Maka kamu dapat memanfaatkan kamera kamu untuk memulai usaha photographer, tanpa harus menggunakan type kamera baru dan canggih.

3. Pilihlah Lokasi yang Tepat

Pada tips ketiga, jika kamu ingin membuka usaha dengan membuka toko fisik. Kamu harus membukanya di lokasi yang strategis. Karena hal tersebut akan membuat usaha kamu berkembang lebih cepat.

Akan tetapi jika lokasi rumah kamu di pinggir jalan ataupun kendaraan berlalu lalang. Kamu bisa memanfaatkan garasi rumah ataupun rumah sebagai tempat memulai bisnis kamu. Sebagai Contoh, Perusahaan Apple, Google, Amazon, Microsoft dan lain sebagainya. Memulai bisnis dari garasi rumah.

4. Manfaatkan Social Media

Pada tips keempat, pada masa kini banyak orang-orang bermain social media. Oleh sebab itu kamu bisa memanfaatkan social media sebagai media promosi usaha kamu.

Karena kamu bisa menjangkau calon pelanggan kamu dari dalam negeri hingga luar negeri. Oleh karena itu cobalah kamu mulai mem-posting dengan gambar-gambar menarik setiap harinya dan berikan promo-promo setiap harinya.

Maka akan banyak calon pelanggan yang akan penasaran dengan produk kamu, sehingga mereka ingin mencobanya. Cara ini kita juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk promosikan produk kita dan kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya promosi.

5. Menggunakan Modal dengan Bijak

Pada tips kelima, yaitu menghindari membeli barang yang belum dibutuhkan. Hal ini dapat meminimalisir modal yang keluar. Oleh sebab itu jika kita ingin memulia suatu bisnis, membuat list-list barang yang dibutuhkan terlebih dahulu, nantinya akan di beli.

Untuk digunakan modal awal, memulai usaha. Sehingga barang-barang yang belum dibutuhkan tidak di beli terlebih dahulu. Dikarenakan hal ini sangat penting untuk di pikirkan karena, agar tidak salah langkah dalam membelanjakan modal usaha.

6. Libatkan Orang Terdekat

Pada tips keenam, ialah meliabatkan orang terdekat kamu seperti suami, adik, kaka, saudara ataupun sahabat untuk memulai usaha.

Karena jika kamu mengajak orang terdekat, pastinya orang terdekat tersebut tidak menuntut kepada kita, dikarenakan mereka tau bahwa kita baru saja memulai usaha.

Baca Juga : Cara Memilih Saham Untuk Trading Harian

Maka nantinya jika usaha yang kamu bangun mulai berkembang atau besar. Kamu bisa merekrut karyawan dari luar dengan beberapa kriteria yang bisa kamu tentukan sendiri.

7. Pandai dalam Membagi Waktu

Pada tips ketujuh, jika kalian ingin sukses bisnis dengan modal kecil. Kamu harus pandai dalam membagi waktu secara tepat, efektik, efisien, dan menguntungkan. Jika perlu kamu bisa membuat timeline 1 bulan ke depan.

Agar kamu tau apa saja yang harus dilakukkan, sehingga tidak ada waktu yang akan terbuang dengan sia-sia. Ini wajib kamu terapkan dalam usaha kamu, karena jika kamu menyia-menyiakan waktu.

Maka usaha kamu berkembang sangat lama dan kamu juga bisa kalah saingan oleh kompititor yang sedang tahap membangun usaha yang sama seperti kamu.

8. Selalu Lakukan Inovasi Produk

Pada tips kedelapan, membuka usaha dengan inovasi produk yang baru. Karena pada dasarnya kebanyakan konsumen memiliki suatu sifat yang cenderung mudah bosan dan menginginkan produk dengan inovasi baru.

Jika kalian membuka usaha dengan inovasi produk yang lamak, maka konsumen tidak akan tetark dengan produk kamu. Mereka akan mencari produk yang di rasa lebih menarik penampilannya dari pada produk inovasi lama.

Sebagai contohnya, usaha cetak undangan, yang dimana produk tersebut menghasilkan bentuk fisik. Kamu tetap bertahan dengan hal tersebut. Disisi lain kompititor kamu menawarkan undangan, berbentuk video yang dapat dikirim melalui media sosial. Sehingga membuat calon pelanggan kamu membeli dengan kompititor kamu.

Oleh sebab itu jika kamu ingin membuka usaha ataupun mengembangkan usaha. Harus mempunyai inovasi produk, terbaru dan mengikuti trend-trend. Membuat pelanggan kamu tidak akan lari ke kompititor kamu.

9. Jadilah Yang Terbaik

Pada tips kesembilan, dalam menjalankan suatu usaha, jangen pernah setegah-setengah. Karena kamu harus menekuni usaha kamu dan memiliki keyakinan yang kuat.

Apapun bentuk usaha kamu haruslah menjadi yang terbaik. Hal tersebut membuat usaha kamu akan lebih cepat berkembang. Jika apabila usaha kamu kalah dari kompititor dengan usaha yang sama dengan kamu.

Kamu harus membeli produknya ataupun menggunakan jasanya. Kemudian mempelajari pola usahanya dan bandingkan dengan usaha kamu. Kemudian kamu menggunakan teknik ATM.

Dimana teknik ini banyak dilakukkan oleh pengusaha-pengusaha besar. ATM sendri kepanjangannya, yaitu Amati, Tiru dan Modifikasi. Sehingga hasil dari ATM bisa kamu terapkan dalam usaha kamu.

10. Rencanakan Keuangan dengan Baik

Pada tips kesepuluh, dalam menjalankan bisnis pastinya kamu harus memisahkan uang modal, uang untung dan pribadi. Karena sudah banyak usahay ang gagal, karena kesalahan dalam mengelolah keuangannya.

Dikarenakan biasanya uang usaha dan uang pribadi tercampur menjadi satu. Membuat keuangan usaha tidak bisa dimonitoring dengan baik, maka keuntungan ataupun kerugian tidak diketahui. Oleh sebab itu hal ini wajib kamu terapkan dalam usaha kamu.

Akhir Kata

Jika kalian memiliki modal kecil untuk memulai suatu bisnis. Sebaiknya kamu harus menekunin dengan benar bisnis yang ingin kamu jalani. Karena kebanyakan orang gagal dalam bisnis karena seseorang tersebut tidak menekuninnya dan tidak bisa mengatur waktu.

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung ke sahabat berfikir.

Tinggalkan komentar