Cara Membuka Usaha Tas Sendiri Bagi Pemula

By Sahabatberfikir

Membuka Usaha Tas – Pada masa kini, banyak sekali orang-orang yang membuka usaha di bidang fashion. Hal ini karena ke banyakan orang ingin mempunyai penampilan yang cantik, ganteng dan lain sebagainya.

Membuat usaha di bidang fashion, semakin banyak di minati oleh seseorang. Salah satu bidang fashion yang paling banyak peminatan, yaitu tas. Tas menjadi salah satu barang yang paling banyak di perlukan oleh seseorang.

Dengan adanya tas orang mudah untuk membawa barang-barang, misalnya seperti HP, Dompet dan lain sebagainya. Sehingga usaha tas pada masa kini sangatlah menguntungkan. Sebab orang pada saat ini kemana-mana selalu membawa tas kecil maupun besar.

Hal ini bisa menjadi salah satu peluang usaha yang baik, untuk kamu yang ingin mempunyai bisnis. Oleh sebab itu pada artikel kali ini sahabat berfikir akan memberikan tips bagi kamu, yang ingin membuka usaha tas sendiri.

1. Riset Pasar Tas

Apabila kamu ingin membuka bisnis tas, sebaiknya kamu melakukkan riset pasar terlebih dahulu. Karena banyak berbagai macam jenis tas, misalnya seperti saddle bag, bucket bag, cross body backpack dan lain sebagainya.

Sebab jika kamu tidak melakukkan riset pasar, maka kamu tidak akan tau. Jenis tas apa yang sering laku diminati oleh orang-orang. Hal ini dapat menjadikan usaha kamu berkembang, jika kamu tau tas-tas apa yang sering orang senangi.

Kamu pastinya juga tidak akan menjual semua jenis tas, dan lebih memilih jenis tas yang banyak disenangi oleh seseorang. Apalagi kamu mempunyai modal yang terbatas untuk untuk melakukan ready stock tas.

2. Mencari Distributor Tas atau Konveksi Tas

Jika kamu telah melakukkan riset pasar tas, selanjutnya kamu silahkan mencari distributor tas atau konveksi tas. Karena ketika memulai usaha pastinya kamu belum bisa memproduksi tas sendri.

Sebab modal yang dibutuhkan untuk memproduksi tas sangatlah besar. Hal ini membuat kamu harus menemukan distributor tas yang terpercaya, murah dan memiliki kualitas tas yang baik.

Baca Juga : Peralatan Laundry Kiloan

Hal ini agar kamu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dan membuat pelanggan kamu kecewa. Jika tas yang kamu jual memiliki kualitas yang buruk, maka pelanggan akan membeli tas ke tempat lain.

Namun jika kamu mempunyai bakat dalam melakukkan desain tas, sebaiknya kamu mencari konveksi tas, yang terpercaya. Dikarenakan kamu membuat brand tas kamu sendri, membuat tas yang di jual berbeda dengan kompititor kamu.

3. Modal

Setelah kamu telah mencari distributor tas ataupun konveksi tas, pastinya kamu membutuhkan modal untuk memulai usaha tas. Jika kamu ingin mengeluarkan modal yang besar, sebaiknya kamu melakukkan po terlebih dahulu.

Karena dengan adanya po, kamu menerima pesanan dari pelanggan terlebih dahulu. Kemudian baru kamu membeli tas yang di pesan oleh pelanggan tersebut. Hal ini bisa menekan modal yang keluar sangat besar.

Kamu juga bisa melakukkan ready stok, dengan memesan tas dalam jumlah yang sangat minim. Jika stok kamu tinggal sedikit dan ada orang yang ingin membeli tas tersebut. Sebaiknya kamu memesan dengan jumlah tas dengan stock sebelumnya.

Misalnya seperti, jika kamu menyetok tas dalam jumlah 10, dan stok kamu tersisa 3. Akan tetapi ada orang yang ingin membeli 4. Maka kamu harus membeli tas kepada distributor ataupun konveksi tas dengan jumlah 10.

Agar kamu menekan biaya ongkos kirim dari tempat distributor ataupun konveksi, ketempat kamu berada. Hal ini merupakan strategi bisnis yang sering dilakukkan oleh seorang pebisnis.

4. Menentukan Harga Jual

Telah Riset Tas, Mencari Distributor Tas atau Konveksi Tas, dan modal. Maka selanjut menentukan harga jual. Hal ini sangat harus di pertimbangkan, karna kamu tidak boleh salah menentukan harga jual.

Karena jika kamu menjual tas dengan bahan atau model tas yang sama. Diatas harga pasaran, maka jarang seseorang yang ingin membeli tas di kamu. Sehingga kamu harus melakukkan riset pasar tas di daerah kamu.

5. Membuat Media Sosial

Pada masa kini strategi usaha, yang sering digunakan oleh seseorang. Karena dengan menggunakan media sosial, kamu dapat menjangkau seseorang dari dalam daerah maupun luar daerah.

Hal ini dapat membuat usaha tas kalian akan berkembang cepat. Karena kamu dapat menjangkau pelanggan sangat luas. Jika sudah mendapatkan pelanggan dan mengikuti media sosial kamu.

Apabila kamu ada menjual produk tas dengan model-model trends. Kemungkinan besar pelanggan akan membeli produk tas kamu kembali. Karena setiap kamu memposting foto tas terbaru, pelanggan dapat melihatnya dan kemungkinan tertarik untuk membelinya.

6. Tempat Jualan Tas

Apabila kamu mempunyai modal yang cukup untuk membuka toko fisik. Silahkan cari tempat yang berlokasi yang strategi. Misalnya seperti kawasan yang padat penduduknya. Hal ini dapat mempengaruhi pemutaran modal.

Semakin tempat kamu jualan tas strategi, maka akan semakin besar tas yang akan terjual. Namun jika tidak cukup modal untuk menyewa kios, kamu bisa membukanya dirumah. Karena kamu bisa berjualan secara online dengan melakukkan promosi-promosi melalui media sosial seperti, facebook, instagram, marketplace dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Jika kalian ingin membuka usaha tas, hal paling penting kamu harus mempunyai tekad yang kuat dan tetap bersabar. Karena membuka usaha tidak akan mudah seperti membalikan telapak tangan. Oleh sebab itu kamu harus banyak-banyak berusaha, promosikan produk tas dan lain sebagainya. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung ke Sahabat Berfikir.

Tinggalkan komentar