Cara Usaha Sembako Dengan Modal Minim

By Sahabatberfikir

Usaha Sembako – Pada masa kini sembako merupakan kebutuhan pokok masyarakat, dimana hal ini menjadikan sembako menjadi peluang bisnis. Karena sembako merupakan kebutuhan masyarakat, yang tidak dapat dipungkiri.

Oleh sebab itu toko sembako sampai kapanpun dibutuhkan banyak orang. Hal tersebut bisa kita lihat dari sebuah perkampungan atau permukiman masyarakat. Pastinya terdapat satu ataupun lebih toko sembako.

Apalagi jika perkampungan tersebut jauh dari kota dan akses menuju perkampungan tersebut sangat susah. Pastinya toko sembako bisa dibilang ramai dengan pelanggan. Salah satu penyebabnya ialah permintaan akan 9 bahan yang tidak pernah menurun.

Membuat toko sembako ini menjadi salah satu bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan besar. Oleh sebab itu jika kamu telah memiliki modal dan berencana untuk membuka usaha. Sahabat berfikir menyarankan kamu untuk membuka usaha sembako.

1. Riset Pasar

Pada dasarnya setiap seseorang yang ingin memulai bisnis. Harus melakukkan yang namanya riset pasar. Hal ini untuk mengetahui seberapa lancarnya bisnis sembako kamu ke depannya.

Hal ini dapat di mulai dari melihat lokasi yang akan menjadi tempat kamu berbisnis. Apakah di sekitar lokasi tersebut, yang membuka bisnis sembako juga. Jika ada lihat kompititor-kompititor yang ada di lokasi tersebut.

Namun jika di sekitar kamu tidak memiliki bisnis yang sama seperti mu, kemungkinan besar usaha sembako kamu akan berjalan lancar. Kamu juga harus memperhatikan perilaku konsumen di sekitar lokasi tempat usaha.

Apakah konsumen tersebut lebih senang berbelanja di toko sembako atau pasar. Alasannya di beberapa lokasi sudah banyak orang-orang memilih berbelanja sembako di supermarket. Oleh sebab itu riset pasar merupakan hal yang sangat penting.

2. Rencana Usaha Sembako

Jika kamu ingin membuka bisnis sembako, sebaiknya kamu membuat rencana terlebih dahulu. Agar modal yang kamu keluarkan untuk membuka bisnis sembako kecil. Hal ini sebabkan karena berbagai macam aneka sembako.

Misalnya seperti Jajanan anak, Plastik, Beras, Gula, Indomi dan lain sebagainya. Namun kamu juga harus mengetahui sembanko apa-apa saja yang laris di tempat kamu. Hal ini agar bisnis kamu dapat berjalan dengan lancar.

Akan tetapi kamu juga harus menghindari barang-barang yang jarang laku dan mempunyai waktu kadaluarsa.

3. Mencari Pemasok Barang

Mungkin seseorang bingung, bagaimana cara memasok barang jika ingin membuka usaha sembako. Hal ini tidak perlu kamu khawatirkan, kamu bisa langsung bekerja sama atau memesan barang langsung dari distributor yang ada di kota kamu.

Contohnya, jika ingin menjual indomi di toko sembako kamu. Kamu bisa langsung mencari distributor indomi yang ada di kota kamu. Hal ini bisa menguntungkan kamu, karena kamu akan mendapatkan dengan harga beli dari distributor langsung.

Membuat kamu bisa menjualnya kembali dengan harga reseller atau murah. Namun kamu harus memesan indomi dengan jumlah yang cukup banyak.

4. Mencari Lokasi Strategis

Jika kalian ingin membuka usaha sembako. Kamu harus mencari lokasi yang strategis, hal ini bisa menjadikan bisnis sembako berjalan dengan lancar. Karena orang dapat dengan mudah mengakses lokasi bisnis kamu.

Apalagi di lokasi tersebut tidak ada toko sembako, selain punya kamu. Membuat toko kamu ramai dengan pembelinya. Hal ini biasa digunakan oleh supermarket alfamart, indomaret dan lain sebagainya.

Mereka selalu mencari lokasi yang strategis, yang dapat mengundang banyak pembeli. Akan tetapi jika kamu memiliki modal yang minim. Untuk dapat membuka usaha sembako. kamu bisa memulainya dari tempat tinggal kamu.

Banyak orang-orang memulai bisnis sembako dari rumah. Terutama orang-orang yang tinggal di perkampungan dan akses jalannya sulit ditempuh.

5. Perhatikan Tata Letak Barang

Apabila kamu siap untuk membuka usaha sembako, kamu sebaiknya memikirkan terlebih dahulu tata letak barang. Karena jika kamu meletakkan barang, yang bisa dilihat oleh calon pembeli.

Baca Juga : Cara Membuka Usaha Tas Sendiri Bagi Pemula

Kemungkinan besar calon pembeli tersebut tertarik untuk membelinya. Setiap toko sembako pastinya memiliki strategi dalam menata barang jualannya. Sering kita jumpai beberapa toko sembako menaruh barang sperti, Beras, Makanan Ringan, Minuman dan lain sebgainya.

Didepan tokonya, agar menarik perhatian calon pelanggan. Namun kamu harus menata rapi barang-barang jualan kamu, supaya calon pelanggan dapat melihat dan manfaatkan juga langit-langit toko sembako kamu.

6. Jaga Kebersihan

Jika ingin tempat bisnis sembako kamu ramai dengan pembeli. Kamu harus menjaga kebersihan toko sembako kamu. Karena calon pembeli biasanya melihat-lihat kebersihan toko sembako.

Karena toko sembako, banyak menjual jenis-jenis makanan. Jika toko sembakonya kotor maka orang yang ingin membeli barang sejenis makanan. Tidak jadi membelinya, karena melihat toko sembako yang kotor.

Maka dari itu harus rajin membersikan toko sembako kamu. Hal ini juga untuk menghindari hewan-hewan yang bersarang dan hewan-hewan yang dapat merusak barang-barang. Misalnya seperti tikus, cicak, laba-laba dan lain sebagainya.

7. Berikan Pelayanan Terbaik

Jika kalian ingin mendapatkan pelanggan yang banyak. Kamu bisa memberikan pelayanan terbaik kamu ke calon pelanggan kamu. Hal ini bisa menjadikan pelanggan tersebut berbelanja di toko sembako kamu kembali.

Membuat toko sembako kamu, berkembang sangat pesar. Karena kamu memiliki pelanggan yang tetap. Kamu bisa melakukkannya dengan bersifat ramah di depan pelanggan dan menyediakan barang-barang yang dibutuhkannya.

Jangan sampai barang tersebut kosong, agar pelanggan tetap membeli barang kebutuhannya di toko kamu.

8. Pembukuan Keuangan

Apabila kamu ingin mengetahui keuntungan ataupun kerugian usaha sembako. Kamu harus mencatat segala transaksi yang ada di toko sembako. Hal ini sangat penting untuk meminimalisir kerugian yang terjadi.

Karena banyak sekali bisnis yang bangkrut karena pembukuan keuangannya tidak baik. Maka kamu harus mencatat segala transaksi yang ada di toko sembako. Kamu juga dapat menganalisis keuangan usaha sembako kamu. Untuk mengatur strategi selanjutnya.

Akhir Kata

Apabila kamu ingin membuka bisnis sembako, kamu harus mencari distributor-distributor sembako. Agar kamu mendapatkan barang dengan harga murah. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung ke Sahabat Berfikir.

Tinggalkan komentar