Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dalam Seminggu

By Pineapple

Menghilangkan Bekas Jerawat- Hai para pembaca setia Sahabat Berfikir, kali ini kami akan memberikan informasi menarik bagi kalian yang memiliki masalah bekas jerawat loh. Di sini kami akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi bekas jerawat dalam seminggu. Yuk, di simak sama-sama.

Bekas jerawat merupakan salah satu masalah yang dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari. Dengan bekas jerawat ini, terkadang kita jadi tampil tidak percaya diri di depan umum. Bekas jerawat ini terkadang juga dapat memburuk apabila tidak di hilangkan secara maksimal.

Jerawat yang tumbuh di wajah terkadang meninggalkan bekas noda hitam ataupun kemerahan di beberapa area tertentu. Tak hanya itu, bekas jerawat juga terkadang meninggalkan bekas lubang atau biasanya kita sebut dengan istilah bopeng.

Nah, kita pasti akan memaksimalkan bagaimana caranya agar bekas jerawat ini hilang. Dengan mulai memakan skincare tertentu, konsultasi ke dokter kecantikan, ataupun memakai bahan-bahan alami yang dapat membantu menangani terkait masalah bekas jerawat.

Berikut kami rangkum informasi dengan singkat terkait cara menghilangkan bekas jerawat dalam waktu kurang lebih satu minggu. Yuk, di simak sama-sama.

Menghilangkan Bekas Jerawat

1. Tomat

Cara menghilangkan bekas jerawat pertama yaitu menggunakan bahan alami berupa tomat. Tomat merupakan salah satu buah sayur yang banyak kita jumpai di pasar ataupun stok di rumah untuk memasak ya.

Tomat ini tak jarang memang di gunakan sebagai bahan kosmetik tertentu atau masker wajah. Di dalam tomat memang terkandung Vitamin C, Vitamin A, dan karoten yang merupakan antioksidan. Nah, dari kandungan-kandungan di dalam tomat ini lah yang mampu membantu menghilangkan jerawat dan bekas jerawat.

Cara pengaplikasianna berupa di bawah ini :

  • Siapkan 2 atau 3 tomat segar.
  • Cuci bersih tomat menggunakan air.
  • Iris tomat menjadi beberapa bagian.
  • Kalian bisa langsung menempelkan irisan tomat ataupun bisa di haluskan terlebih dahulu.
  • Diamkan kurang lebih 20 sampai 30 menit.
  • Bilas wajah dengan air bersih kemudian lap hingga kering.
  • Pembilasan di atas lebih baik menggunakan air dingin atau air es agar wajah lebih segar dan pori-pori tertutup.

Ulangi cara ini 3 kali dalam seminggu. Atau kalian bisa menggunakannya setiap hari. Lihat lah perubahan, apabila terjadi iritasi atau semakin parah segera hentikan pemakainan dan konsultasikan ke dokter. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

2. Baking Soda

Cara kedua untuk menghilangkan bekas jerawat selama seminggu yaitu dengan menggunakan salah satu bahan dalam membuat kue yaitu baking soda. Baking soda ini biasanya di gunakan untuk pengembang di adonan kue ya.

Baking soda juga berfungsi dalam menghilangkan noda hitam dan bekas jerawat di wajah. Tak hanya itu, baking soda mengandung kristal sodium bikarbon yang berfungsi mengelupas kulit mati, saat di gunakan sebagai scrub wajah pembersih.

Berikut langkah-langkah dalam menggunakan baking soda ke area bekas jerawat :

  • Siapkan baking soda secukupnya, sekurang-kurang nya yaitu satu sendok teh.
  • Campurkan air ke baking soda secukupnya.
  • Aduk sampai campuran mengental.
  • Oleskan campuran tadi ke area bekas jerawat secara merata.
  • Diamkan kurang lebih sampai 5 menit.
  • Bilas atau lap menggunakan air hangat.
  • Kalian bisa mengoleskan pelembab alami seperti minyak zaitu, minyak almond, dan lain sebagainya ke area bekas jerawat sebagai tambahan.

Ulangi cara ini setiap hari selama seminggu ataupun selang-seling. Hentikan pemakaian apabila terjadi iritasi atau masalah lainnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca Juga :

10 Rekomendasi Skincare Korea Mencerahkan Kulit

Memilih Sabun Wajah Wanita Terbaik Berdasarkan Jenis Kulit

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

3. Lemon

Cara emnghilangkan bekas jerawat keempat yaitu menggunakan salah satu buah yaitu lemon. Lemon merupakan salah satu buah yang bermanfaat bagi tubuh. Tak hanya itu, lemon juga sering di jadikan campuran dalam produk kecantikan.

Lemon mengandung asam alfa hidroksi alami (AHA) yang dapat menghilangkan bekas jerawat dan noda hitam. Tak hanya itu, kandungan ini juga berperan dalam mempercepat penyembuhan sekaligus revitalisasi kulit.

Jika kalian kesulitan dalam menemukan buah lemon, kalian bisa menggantinya dengan jeruk nipis. Nah, untuk pengaplikasian lemon ini sebagai berikut ya :

  • Siapkan satu lemon ukuran sedang.
  • Belah lemon menjadi 2 bagian atau 4, kemudian peras.
  • Oleskan air perasan lemon tadi ke area bekas jerawat secara merata.
  • Diamkan sampai kering.
  • Bilas wajah dengan air bersih serta hangat.
  • Gunakan pelembab wajah terpercaya atau menggunkaan pelembab bahan alami sebagai tambahan.

Lakukan cara perasan air lemon ini dua kali sekali dalam seminggu dan lihat perubahannya. Hentikan pemakaian apabila terjadi iritasi dan masalah lainnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

4. Retinol

Cara menghilangkan bekas jerawat lainnya yaitu kalian bisa menggunakan produk kecantikan atau skincare yang mengandung retinol. Retinol atau biasanya di sebut juga dengan retinoid merupakan salah satu kandungan yang dapat menghilangkan bekas jerawat di kulit.

Selain retinol, bahan-bahan aktif lainnya yang mampu dalam menghilangkan bekas jerawat adadalh Vitamin C, glcolid acid, salysilic asid, niacinameid, dan azelaic asid. Kalian bisa mencari kandungan aktif ini di produk-produk kecantikan yang kalian miliki.

Selain itu, retinol sendiri memiliki manfaat untuk mencegah keriput serta meningkatkan kolagen dan produksi sel pada kulit mati. Nah, krim yang kami rekomendasikan utnuk menghilangkan bekas jerawat seperti :

  • Benton Snail Bee High Content Steam Cream.
  • Melanox Hydroquinone 2% Cream.
  • Neutrogena Rapid Tone Repair Dark Spot Corrector.
  • Innisfree Bija Trouble Lotion.
  • Laneige White Dew Original Ampoule Essence.
  • Himalaya Acne n Pimple Cream.
  •  Kiehl’s Blue Herbal Spot Treatment.

Nah, berikut beberapa yang kami rekomendasikan ya. Semoga berhasil dan selamat mencoba.

5. Konsultasi ke Dokter

Nah cara menghilangkan bekas jerawat terakhir yaitu dengan cara berkonsultasi langsung ke dokter. Terkadang bahan-bahan alami, skincare khusus, ataupun salep tidak berpengaruh secara maksimal bagi beberpa orang.

Di sini kami akan memberikan solusi dengan berkonsultasi langsung ke dokter yang bersangkutan. Karena biasanya dokter akan memberikan cara-cara tertentu atau beberapa obat yang khusus bagi kamu.

Di sini kami akan memberikan step yang biasanya dokter berikan apabila bahan alami, skincare, dan salep tidak begitu berpengaruh pada masalah bekas jerawat kalian. Di simak ya :

  • Dermabrasi, Salah satu perawatan yang paling efektif dalam menangani maslaah bekas jerawat. Saat melakukan perawatan ini, dokter akan memberikan obat bius total ke wajah kalian. Kemudian dokter akan menggunakan alat khusus untuk merangsang pembentukan jaringan kulit pada wajah kalian.
  • Chemical peeling, Untuk mengelupas jaringan kulit dan membentuk jaringan kulit baru. Dokter akan memberikan zat asam untuk merangkang kulit kalian. Perawatan ini biasanya di lakukan jika jerawat menimbulkan bekas luka yang cukup dalam pada lapisan kulit kalian.
  • Filler, dokter memberikan suntikan ini ke area bekas jerawat agar tampak bersih dan mulus. Filler dapat berupa lemak atau kolagen.
  • Microneedling, teknik menghilangkan bekas jerawat yang mirip dengan dermabrasi. Dokter menciptakan luka-luka kecil menggunakan alat khusus seperti jarum halus. Wajah kalian akan di berikan bius total oleh dokter. Teknik ini dapat merangsang pembentukan kolagen dan jaringan kulit baru agar bekas jerawat dan noda hitam kalian tersamarkan.

Nah, beberapa perwatan di atas merupakan perawatan yang biasanya di lakukan oleh dokter kecantikan atau dokter khusus ya. Dan di lakukan secara bertahap atau beberapa kali perawatan. Untuk kalian yang memiliki masalah kulit sensitif, lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu karena bisa jadi tidak dapat melakukan perawatan tersebut.

Akhir Kata

Nah, para pembaca setia Sahabat Berfikir, gimana nih informasi kali ini yang telah kami jabarkan dengan singkat dan semoga mudah di pahami ya. Apabila kalian merasa kurang dengan informasi yang kami berikan, kalian bisa mencari informasi lebih dalam ke sumber lain ya.

Semoga informasi cara menghilangkan bekas jerawat selama seminggu ini ampuh dan tidak menyebabkan efek samping yang berbahaya bagi kalian, serta mendapatkan hasil yang memuaskan serta maksimal. Jangan lupa mampir ke web kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya ya. Terimakasih.

Tinggalkan komentar