Perbedaan Harddisk dan SSD yang Perlu Diketahaui

By Sahabatberfikir

Perbedaan Harddisk dan SSD – Pada masa kini banyak sekali perusahaan teknologi yang mengeluarkan inovasi baru. Untuk kenyamanan dan mempermudah penggunaan teknologi tersebut.

Salah satu perusahaan teknologi yang sering sekali mengeluarkan inovasi-inovasi baru, yaitu Laptop. Laptop merupakan suatu perangkat yang sering di pakai seseorang. Dalam berbagai hal, misalnya seperti mengerjakan tugas kampus, sekolah, kantor dan lain-lainnya.

Hal tersebut membuat perusahaan teknologi berbondong-bondong dalam membuat inovasi baru. Seperti hardware laptop, yang pastinya setiap mempunyai kekurangan dan keunggulannya masing-masing.

Seperti pada saat ini perusahaan teknologi mengeluarkan berbagai macam SSD. Yang di gadang-gadang lebih cepat dari pada Harddisk. Akan tetapi harddisk dan ssd memiliki perbedaan oleh sebab itu Sahabat Berdikir akan membahasnya pada artikel kali ini.

Apa Itu SSD ?

SSD (Solid State Driver) adalah media penyimpanan yang sirkuitnya, memiliki beberapa beberapa chip memeori. Chip memori tersebut saling terintegrasi satu sama lainnya dan tanpa adanya piringan cakram.

Namun pada dasarnya HDD dan SSD memiliki fungsi yang sama saja. Hanya saja cara kerjanya berbeda. Karena SSD lebih handal, serta juga memiliki ketahanan goncangan. Sebab itulah SSDnya sangan cocok bagi, kamu yang sering berpergian.

Kemudian data yang disimpan oleh SSD juga relatif lebih aman, karena tidak lagi disimpan pada lapisan-lapisan magnetik. Dimana lapisan-lapisan tersebut memiliki kecepeatan indek pencarian kurang signifikan.

Fungsi dari SSD

Pada umumnya fungsi dari SSD ialah mendukung membaca dan menulis data di laptop. Data tersebut kemudian akan disimpan dalam keadaan permanen bahkan tanpa adanya daya. Walaupun fungsi SSD ini sama seperti fungsi dasar Hard Driver.

Namun data yang disimpan bukanlah pada chip flash memory (Memory Kilat). Chip Flash Memory sendiri sejenis EEPROM yang dapat mengizinkan banyak lokasi memori untuk dihapus atau ditulis dalam satu pemogramman.

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Lemot

Akan tetapi memiliki jenis yang berbada dari jenis yang digunakan pada thum drive usb pada umumnya. Karena chip flah memory lebih cepat dan dapat diandalkan. Oleh sebab itu, SSD lebih mahal dari pada thum drive usb.

Perbedaan Harddisk dan SSD

Sebelum kamu membeli atau mengganti harddisk kamu dengan SSD. Sebaiknya kamu mengetahui perbeedaan dari Harddisk dan SSD.

Supaya kamu dapat mempertimbangkan atau tidak ragu dalam mengambil keputusan untuk membeli SSD ataupun laptop yang telah include dengan SSD.

1. Perbedaan dari Segi Kerja

Pada umumnya perbedaan yang sangat jelas terlihat ialah dari segi kerjanya. Karena cara kerja HDD, memanfaatkan perpanduan antara sistem mekanik dan elektrik sebagai penunjang performanya. Sehingga cara kerjanya lebih menyerupai FloppyDisk (disket).

Namun SSD lebih kearah sistem full-elektrik, yang membuatnya bekerja tanpa adanya part yang bergerak ketika proses penulisan data maupun pembacaan. Hal ini sangat mirip dengan cara kerja transfer data yang sering kita temui di microSD, RAM ataupun USB Flasdisk.

2. Perbedaan dalam Kecepatan Tulis dan Baca Data

Perbedaan ini pasti kamu merasakannya, apalagi sebelum menggunakan SSD, kamu menggunakan HDD.

Karena HDD memiliki kecepatan yang berada dibawah SSD. Sehingga ketika kamu menggunakan SSD proses kecepatan tulis dan baca data. Akan terasa lebih cepat 10 kali lipat di bandingkan dengan HDD.

Hal tersebut menjadikan pengguna HDD banyak beralih ke SSD. Apalagi tempat penyimpanan sistem operasinya di SSD. Maka proses kecepatan tulis dan baca datanya lebih maksimal.

3. Perbedaan Bentuk dan Ukuran

Jika kita lihat dari segi fisiknya, HDD memiliki fisik yang lebih besar dari pada SSD. Hal ini karena komponen-komponen yang ada di dalam HDD membuat dimensinya lebih besar.

Akan tetapi biasanya HDD memiliki harga relatif murah ketimbang dengan SSD, dengan ukuran penyimpanan yang sama.

Namun jika kamu ingin memiliki penyimpanan yang memiliki proses cepat dalam membaca dan menulis data. Tempat penyimpanan yang memiliki dimensi yang ringkas dan performa yang tinggi. Kamu dapat memilih SSD sebagai tempat penyimpanan data kamu.

4. Perbedaan dari Segi Komponen

Apabila ukuran dimensi antara HDD dan SSD, pastinya komponen yang ada di HDD dan SSD sudahlah bedah. Karena HDD memiliki komponen, motor penggerak piringan cakram yang berputar ketika sedang digunakan.

Akan tetapi SSD hanya terdiri dari Micro Chip, Integrated Circuit, Kapasitor, dan lain sebagainya. Dari sisi komponenlah yang membedakan Segi kerja antara HDD dan SSD berbeda.

5. Perbedaan HDD dan SSD Dari Segi Fragmentasi

Fragmentasi adalah suatu istilah yang sering digunakan untuk menyebutkan sesuatu ruang kosong di dalam sebuah media penyimpanan yang timbulkan akibat adanya penghapusan atau perubahaan data.

Akibatnya ada perubahaan data setiap waktu, performa HDD akan semakin menurun. Apabila perubahaan data tersebut sering terjadi. Akan tetapi hal ini tidak berpengaruh kepada SSD, karena seluruh data sudah disimpan ke dalam Chip Flash.

6. Perbedaan HDD dan SSD dari Efek yang Ditimbulkan

Jika kalian pengguna HDD pastinya, tau apa yang terjadi ketika kamu menggunakannya. HDD tersebut akan berbunyi dan HDD tersebut akan panas.

Hal ini terjadi karena ditimbulkan oleh komponen mekanik. Beda dengan SSD yang memiliki suara jauh lebih pelan dan tidak mudah cepat panas, sebab tidak ada komponen yang bergerak.

7. Perbedaan Harga HDD dan SSD

Perbedaan yang mencolok antara HDD dan SSD, ialah dari harga. Dimana HDD relatif lebih murah ketimbang SSD.

Hal ini karena jika kamu membeli SSD dengan kapasitas 256 GB. Maka kamu harus mengeluarkan uang setara kamu membeli HDD dengan kapasitas 1TB. Membuat seseorang, berpikir 2 kali apakah dia membeli SSD atau HDD.

Akhir Kata

Jika kalian membutuhkan laptop yang tidak lemot atau laptop yang cepat prosesnya. Sebaiknya kamu menggunakan SSD saja. Karena performa SSD tidak perlu di lihat lagi. Sebab SSD telah di pakai oleh orang-orang bekerja menggunakan laptop.

Misalnya seperti, youtuber, desain grafis, video editing, arsitek dan lain sebagainya. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung ke sahabat berfikir.

Tinggalkan komentar